phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31

tentang

Diantara Apresiasi dan Penghargaan
*Penghargaan Depag RI sebagai tokoh berpengaruh pada umat 2009.
*Penghargaan dari Booksurge LLC (part of the Amazon Group of Company) sebagai buku terlaris di universitas dan Lembaga Pendidikan di Amerika Serikat.
*Di Iran kitab ini mendapat bintang lima (book rating) sebagai kitab terlaris pada website Iran.

SEJARAH MUSTAQILLI

Metode mustaqilli ini lahir berangkat dari keprihatinan mendalam KH. Agus Shohib Khaironi, S.Ag, Lc terhadap produk pendidikan Indonesia. Ribuan pesantren dan institusi pendidikan Islam di Indonesia dinilainya belum menghasilkan lulusan yang berkualitas. Ini terbukti dari sangat minimnya karya ilmiah Islam yang berskala internasional yang dihasilkan oleh lulusan dunia pendidikan kita, sesuatu yang sangat kontradiktif dibandingkan dengan kondisi di Tmur Tengah yang sangat produktif dalam menghasilkan karya ilmiah.

“Saya sangat prihatin dengan  kondisi umat Islam saat ini. Seharusnya bahasa Arab adalah bahasa kedua setelah bahasa ibu kita. Kenyataannya sekarang image bahasa Arab seolah-olah hanya bahasa kelas bawah, bahasanya para TKW saja. Padahal ia adalah bahasanya para Ahli Syurga”, kata KH. Agus Shohib Khaironi, dalam sebuah kesempatan.

Menurutnya hal ini terutama disebabkan oleh kendala kemampuan penguasaan bahasa Arab yang baik tidak dimiliki, padahal bahasa Arab merupakan alat utama dalam menggali Ilmu  pengetahuan Islam dari sumbernya yang asli. Minimnya kemampuan penguasaan bahasa Arab dengan baik ini disebabkan oleh belum adanya metodologi pembelajaran bahasa Arab yang tepat.

Dari study dan penelitian beliau yang mendalam maka lahirlah buku pembelajaran metode mustqilli ini yang diberi judul “Audhohul Manahij” yang terdiri dari 2 jilid. Untuk dapat mempelajari kitab ini dengan baik ditulislah buku “Dasar-dasar Mustaqilli” yang terdiri dari 2 jilid pula dan satu kitab Pra-Mustaqilli  satu jilid. Sehingga untuk dapat menguasai dengan baik bahasa Arab standar (Bahasa Arab fushah), harus menguasai 5 jilid kitab ini. Kitab ini memang disusun sangat sistematis dan memudahkan, namun demikian, pembelajaran tidak akan efektif jika tidak dilakukan pelatihan oleh seorang pengajar yang telah di training langsung mengenai system pengajaran metode mustaqilli ini.

Jika diikuti secara serius, proses belajar bahasa Arab dengan metode mustaqiili memerlukan waktu 203 jam pertemuan. Dengan total waktu pertemuan tersebut, siswa yang belum mengenal huruf hijaiyyah sama sekali akan mampu menguasai bahasa Arab dengan baik yang meliputi: membaca (Arab gundul), menulis dengan benar, menerjemah, mengarang (insya’), meng-‘irab dan bercakap-cakap dengan baik dan lancar. “Lulusan mustaqilli dijamin setara dengan calon siswa yang sudah siap kuliah di Timur Tengah”, tegas KH. Agus Shohib Khaironi.

Di samping bekerja sama dengan Departemen Agama dalam mentransfer metode mustaqilli ini kepada para pengajar madrasah di seluruh Indonesia, saat ini KH. Agus Shohib Khaironi, S.Ag, Lc juga mengembangkan system pelatihan dan kursus, di antaranya telah terselenggara di Jakarta Selatan dan di Depok.

Visit us

Pogung Baru Blok H 12A, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogykarta.

Call us

(+62) 857-424-554-10

(+62) 851-024-193-31

Contact us

mustaqillijogja@gmail.com

Close Menu