Strategi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab

Pembelajaran kosakata bahasa Arab menjadi acuan penting bagi anda pengajar bahasa Arab. Untuk mengajarkan kosakata ini, anda perlu menerapkan tentang tahapan serta strategi dalam pembelajaran tersebut.

Tentu anak didik akan secara mudah dalam mengenal maupun memperoleh kosakata-kosakata yang baru. Maka dari itu, berikut ini tahapannya.

Inilah Strategi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab

Mendengarkan Kata

Hal ini merupakan tahapan yang pertama dalam pembelajaran kosakata. Berikan kesempatan kepada anak didik untuk mendengar apa saja kata-kata yang anda ucapkan sebagai pengajar atau bisa juga media lain. Baik itu kosakata yang berdiri sendiri maupun di dalam sebuah kalimat.

Jika unsur bunyi dari sebuah kata tersebut telah mereka kuasai, maka untuk pertemuan selanjutnya anak didik sudah bisa mendengarkan secara benar.

Mengucapkan Kata

Dalam tahapan ini, anda sebagai pengajar nantinya akan memberikan kesempatan juga kepada anak didik untuk mengucapkan kata yang telah mereka dengar.

Dengan mereka mengucapkan kata-kata yang baru, tentu akan membantu siswa dalam mengingat kata untuk waktu jangka lama.

Mendapatkan Makna Kata

Pada tahapan ini, pengajar bisa menghindari terjemahan dalam memberikan kata secara langsung kepada anak didik. Sebab, jika anda melakukan hal tersebut, nantinya tidak akan ada komunikasi langsung dengan bahasa yang sedang dipelajari. Hal tersebut bisa mengakibatkan makna katanya terlupakan.

Terdapat beberapa teknik untuk menghindari hal tersebut, misalnya saja dengan menggunakan definisi sederhana, sinonim, antonim, penggunaan gambar, peragaan dari gerakan tubuh, dan lain sebagainya.

Membaca Kata

Jika sudah melalui tahapan mendengar, mengucapkan, serta memahami makna dari kosakata, lalu anda sebagai pengajar bisa menuliskannya di papan tulis. Selanjutnya, anak didik diberikan kesempatan untuk membaca kata tersebut dengan suara yang keras.

Menulis Kata

Dalam menguasai kosakata, anak didik akan sangat terbantu bila mereka diminta untuk menulis kata-kata yang baru mereka pelajari. Sebab karakteristik kata tersebut masih fresh dalam ingatan.

Membuat Kalimat

Untuk tahapan yang terakhir, yakni dengan memakai kata-kata baru dalam sebuah kalimat yang sempurna. Bisa secara tulisan maupun lisan. Maka anda sebagai pengajar harus kreatif dalam memberikan contoh kalimat yang memiliki banyak variasi.

Terlebih dalam penyusunan kalimat, sebaiknya memakai kata yang produktif serta aktual supaya anak didik bisa lebih mudah dalam memahami sekaligus mempergunakannya sendiri.

Untuk membantu kegiatan tersebut, anda bisa mengikuti kursus bahasa Arab di Jogja. Pastinya dengan anda mengikuti kursus tersebut, ilmu anda mengenai pembelajaran kosakata bahasa Arab akan bertambah.

 

Silahkan Hubungi Kami Jika Anda Tertarik Kursus Bahasa Arab


Silahkan hubungi kami via WhatsApp
Ust Zain: 0815-7825-8393
Ustadzah Linda: 0851-0241-9331

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: