phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31
Mengenal Ilmu Bahasa Arab serta Pengertiannya Masing-Masing

Ilmu bahasa Arab wajib anda pelajari, khususnya bagi anda yang ingin mempelajari agama Islam secara lebih mendalam. Hal ini karena bahasa merupakan sebuah aspek yang penting dari interaksi manusia. Dengan bahasa, baik lisan atau tulisan, bahkan maupun isyarat, maka orang akan melakukan komunikasi serta kontak sosial dengan baik.

Macam-Macam Ilmu Bahasa Arab

Berdasarkan Moerhadi dalam bukunya Nahwu dan Sharaf, bahasa merupakan alat komunikasi tiap anggota masyarakat dalam menyampaikan perasaan dan juga pikiran dengan memakai bunyi suara yang dihasilkan dari alat ucap manusia.

Sementara itu, menurut Wikipedia, disebutkan bahwa bahasa merupakan penggunaan kode dari gabungan fonem. Sehingga membentuk kata yang menggunakan aturan sintaksis dalam membentuk kalimat dengan mempunyai arti.

Dengan definisi seperti di atas, dalam membuat sebuah kalimat yang indah perlu kata-kata yang bisa mengandung arti. Inilah yang menjadi peran pentingnya tata bahasa. Bahasa Arab terdapat ilmu atau tata bahasa seperti sharaf, nahwu, dan balaghah.

Ilmu Nahwu

Ilmu nahwu memiliki peran yang penting untuk membentuk kalimat sehingga menjadi jelas. Jenis ilmu ini merupakan ilmu yang mengungkapkan dasar serta proses pembentukan susunan suatu kata menjadi sebuah kalimat.

Dalam ilmu bahasa Arab ini terbagi dalam mabni dan mu’rab, yang merupakan bentuk dari kata statis serta dinamis. Lalu, nakirah dan ma’rifah, yang merupakan bentuk kata umum dan juga tertentu. Kemudian, juga terdiri tas kalam yang merupakan susunan suatu kata.

Ilmu Sharaf

Ilmu sharaf merupakan ilmu untuk belajar atas bentuk kata. Dalam ilmu sharaf ini, terdapat kata perintah (kerja), larangan, lalu juga terdapat bentuk lampau, akan datang atau sekarang. Ilmu ini meliputi kalimat atau kata, struktur kata (bina’ kalimat), timbangan kata (wazan kalimat), serta perubahan bentuk kalimat (kata).

Ilmu Balaghah

Ilmu balaghah merupakan ilmu yang mengatur dalam belajar kefasihan berbicara. Kemudian, ilmu ini akan membuat kalimat yang tersusun menjadi lebih indah. Karena, ilmu balaghah berhubungan sangat erat dengan sastra.

Jenis ilmu bahasa Arab ini meliputi ilmu ma’ani, yakni ilmu dalam menjaga kesalahan bicara. Lalu, ilmu bayan yang merupakan ilmu dalam menjaga pembicaraan yang tidak mengarah pada tujuan. Terdapat juga ilmu badi’ sebagai ilmu penghias susunan dari kalimat.

 

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: