phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31
Kata Sifat dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Jenis dan Contohnya

Kata sifat dalam bahasa Arab disebut dengan isim. Mungkin anda bertanya, mengapa sama dengan kata benda? Lalu apa bedanya?

Isim dalam kata sifat memiliki sifat untuk menjelaskan sifat isim benda yang didampingi. Kata sifat sendiri berfungsi sebagai pernyataan identitas, memberi pembeda antara benda yang satu dengan benda yang lain. Seperti: Ahmad anak yang rajin dan pandai berhitung.

Mengenal Jenis-jenis Kata Sifat dalam Bahasa Arab

Jika dilihat dari cara penggunaannya, maka ada dua jenis kata sifat.

Kata Sifat Sebagai Sifat Benda atau Maushuf

Jenis kata sifat yang satu ini digunakan ketika anda ingin memberi keterangan identitas benda tanpa maksud mengumumkan pada orang lain ataupun dhomir yang terdapat di dalamnya.

Contoh: “Nando membawa buku tulis hijau milik Lisa tadi.”

Jenis Kata Sifat yang Berguna Sebagai Kabar atau Shifah

Penggunaan kata sifat ini adalah untuk membantu seseorang dalam mengenalkan identitas benda pada orang lain. Contoh: ”  Tas nana berwarna biru.”

Penggunaan Kata Sifat

Ada berbagai macam ketentuan bila anda ingin menggunakan kata sifat khususnya dalam bahasa Arab. Adapun ketentuan bisa dilihat sebagai berikut:

Bila anda menggunakan kata sifat tersebut dalam konteks kabar. Dengan demikian, kata sifat tidak selalu akan didahului dengan alif lam serta memiliki harakat dhammah mengikuti kata yang mengiringinya atau isim. Meskipun bila kata tersebut mudzakkar atau muannats.

Sementara itu, bila kata sifat yang digunakan sebagai sifat. Maka bentuk dari kata sifat tersebut akan mengikuti dari bentuk kata benda yang mengiringinya. Seperti bila ada kata benda yang diawali dengan alif lam, kata ini tentu juga akan diawali dengan alif lam.

Selain itu, bila kata benda tersebut menggunakan harakat dhammah, maka ia juga akan menggunakan harakat yang sama yaitu dhammah. Bila kata benda yang bersifat ada muannats atau mudzakkarnya atau ada ta marbitah maka sifatnya akan muannats juga.

Dengan mengetahui contoh kata sifat dalam bahasa arab, jenis serta penggunaannya, maka anda bisa lebih mudah saat ingin belajar bahasa Arab. Jika saat ini anda ingin mempelajari bahasa Arab, anda tak perlu bingung. Sebab sekarang sudah ada tempat belajar bahasa Arab di Yogyakarta. Dengan pembimbing yang profesional yang siap mengajari anda sampai mahir berbahasa Arab.

 

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: