phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31
Pentingnya Belajar Gramatikal Bahasa Arab untuk Umat Muslim

Gramatikal bahasa Arab penting untuk kita ketahui, khususnya umat muslim di seluruh dunia. Allah SWT memberikan nikmat untuk umat dengan utusan-Nya, yakni Nabi Muhammad SAW dalam menebarkan rahmat secara universal.

Ia adalah pemimpin serta penutup para Nabi Allah yang terdahulu. Dengan turunnya wahyu Al Quran, orang Arab yang mempunyai fasih bahasa, berbicara, serta tak ada keburukan dalam diri atas apa yang telah Allah turunkan kepadanya. Sehingga bahasa Arab sangat penting untuk dipelajari dan dipahami lebih dalam.

Kisah Terciptanya Grammar Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa paling mulia yang ada di Bumi. Karena Al Quran menjadi pedoman umat Islam dan turun dengan menggunakan bahasa Arab.

Kemudian, seseorang tak akan pernah bisa memahami hikmah dan pesan yang terkandung dalam Al Quran, kecuali ia paham dan mengerti tentang bahasa Arab.

Selain itu, bahasa Arab mempunyai gramatikal yang indah dan juga retorika elegan untuk penggunaannya. Bahasa Arab pun memiliki peran yang penting dan signifikan untuk perkembangan agama Islam sejak dahulu kala.

Anjuran Nabi Muhammad SAW

Karena begitu penting grammar bahasa Arab untuk umat Islam pelajari, bahkan Rasulullah SAW pun menganjurkan kepada kita semua agar mencintai bahasa Arab. Seperti yang telah tertuang dalam sabdanya, yang artinya:

“Cintailah bahasa Arab karena 3 hal: karena sesungguhnya Aku adalah orang Arab, dan Al Quran turun menggunakan bahasa Arab, dan bahasa para penghuni surga adalah bahasa Arab,” (HR. Thabrani dan Baihaqi).

Bukan hanya Rasulullah anjurkan kepada umat Islam untuk mencintai bahasa Arab saja, namun juga menganjurkan untuk mencintai orang yang berasal dari bangsa Arab, dimana Nabi Muhammad SAW berasal. Lalu, nabi juga bersabda:

“Barang siapa yang mencintai orang-orang Arab, maka lantaran cintaku, ia mencintai mereka, dan barang siapa membenci orang-orang Arab, lantaran membenciku, maka ia membenci mereka” (HR Imam Hakim dan Imam Ibnu Asakir).

Kemudian, juga terdapat sabda Rasulullah lainnya yaitu, “Sesungguhnya panji pujian akan ada di tanganku pada hari kiamat, dan kaum yang paling dekat dengan panji tersebut ketika itu ialah bangsa Arab.”

Selain itu, dalam kalam Allah SWT QS Yusuf ayat 2 juga menyuruh kita untuk mempelajari bahasa Arab, yang artinya: “Sesungguhnya kami telah turunkan Al Quran kepada kalian dengan menggunakan bahasa Arab agar kalian semua berfikir,” (QS Yunus: 2).

Bagi anda yang ingin lebih mengenal dan mengerti mengenai grammar bahasa Arab, dapat melalui kursus bahasa Arab di Jogja.

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: