phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31
Sejarah Bahasa Arab dan Perkembangannya di Dunia

Sejarah bahasa Arab penting untuk kita semua ketahui. Pasalnya, bahasa Arab adalah bahasa yang telah banyak menyumbangkan kosakata untuk bahasa yang ada di seluruh dunia.

Alasan yang paling utama adalah karena bahasa Arab telah dipakai untuk bahasa Al Quran yang bertahan dengan bahasa aslinya. Bertahan selama 14 abad lebih serta kitab yang paling banyak umat baca hampir seluruh dunia.

Sejarah Bahasa Arab

Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang paling banyak dipakai oleh orang di seluruh dunia khususnya untuk para penganut agama Islam, sejarah bahasa Al Quran ini pun wajib untuk para umat muslim ketahui. The King Abdul Aziz Center telah menerbitkan buku yang berjudul Arabic In World Language.

Buku tersebut mengungkapkan jika bahasa Arab sangat mempunyai pengaruh atas bahasa-bahasa yang selama ini masih dipakai, seperti Italia, Prancis, Spanyol, Inggris Jerman, Turki, dan juga Indonesia. Bahasa Arab telah berkembang dari bahasa Aramaik yang dulu telah digunakan pada daerah Palestina serta dipakai oleh nabi Ibrahim dan juga anak cucunya.

Bahasa Aramaik juga dibawa oleh nabi Ibrahim dan sang istri, Siti Hajar yang mempunyai anak yang bernama Ismail. Lalu, mereka bertiga pergi ke Mekkah dan tinggal di sana sebelum akhirnya nabi Ibrahim pergi dan pulang antara Palestina-Mekkah.

Siti Hajar yang merupakan asli Mesir pun memakai bahasa Qibti ini yang juga tengah dipakai oleh masyarakat Mesir kala itu. Jadi, hal tersebut menjadikan nabi Ismail mempunyai dua bahasa yang ia pakai dalam keseharian yaitu Aramaik dan Qibti. Hal tersebut menjadi awal mula atau sejarah bahasa Arab.

Karena Siti Hajar telah menemukan air zam-zam yang mengalir tiada pernah berhenti, maka banyak pedagang yang lewat dan berkunjung ke daerah itu.

Berkembangnya Bahasa Arab

Seiring berjalannya waktu, daerah tersebut dipenuhi oleh pedagang dan akhirnya menjadi perkampungan. Sementara itu, banyak pedagang tersebut berasal dari daerah yang berbeda-beda, sehingga terjadi pembauran bahasa saat itu ada di tempat itu.

Dari waktu itulah, sejarah bahasa Arab lahir karena nabi Ismail yang lantas menggabungkan sejumlah bahasa sehingga menjadi bahasa Arab. Kemudian, bahasa Arab mulai berkembang serta menjadi bahasa yang dipakai sebagai bahasa komunikasi penduduk sehari-hari.

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: