phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31
Mahasiswi  Jurusan PBA Mengikuti Pembukaan Kelas Kesembilan Belas Mustaqilli.

Team Mustaqilli Jogja pada hari Sabtu (14/09) resmi membuka kelas reguler baru. Kelas ini merupakan kelas reguler weekend pagi yang diadakan pada dua hari Sabtu dan Minggu setiap minggunya. Pembukaan kelas ini terus menambah rangkaian kelas baru Mustaqilli yang saat ini sudah mencapai kelas kesembilan belas.

Seperti biasa para peserta mengikuti proses pembukaan kelas, pembukaan kelas diawali dengan perkenalan antar peserta, pengenalan sejarah serta level-level Mustaqilli dan yang terakhir adalah pembekalan tentang alasan-alasan mengapa harus belajar bahasa Arab.

Pada sesi perkenalan para peserta menyebutkan alasannya belajar bahasa Arab, ada peserta yang belajar bahasa Arab karena ingin mendalami materi yang ia pelajari di kampus. “Saya mempelajari bahasa Arab karena saya kuliah di jurusan ekonomi Islam, banyak materi menggunakan referensi berbahasa Arab sementara saya belum menguasai.” Begitu kata peserta yang saat ini sedang kuliah di salah satu kampus ternama di Jogja.

Bahkan peserta lain ada yang sedang kuliah di jurusan pendidikan bahasa Arab, “Saya yang waktu itu pernah melakukan penelitian tugas semester di Mustaqilli Jogja, sepertinya saya ingin lebih mendalami bahasa Arab lagi untuk menambah materi yang saya pelajari di kampus.” Begitu kata peserta yang saat ini sedang menempuh kuliah sarjana di salah satu kampus Negri.

Kelas kesembilan belas ini diikuti oleh tujuh orang peserta dari latar belakang yang berbeda-beda, salah satu peserta ada yang sedang menjalani program S3 di salah satu kampus Negri di Jogja, ia juga aktif menulis beberapa buku. “Saya aktif menulis, untuk menunjang bahan referensi saya tampaknya saya harus menambah bahasa Arab, banyak sekali referensi dalam bahasa Ara, sehingga lebih sempurna lagi bila saya menguasai bahasa Arab”

Dari para peserta ini ada yang sudah memiliki kemampuan bahasa Arab lebih dibanding yang lain, sehingga ia mengajukan placement test untuk kelas lebih lanjut. Ia sudah mempelajari bahasa Arab lama di pesantren sehingga ia ingin naik ke level yang lebih tinggi. Bila ia lulus maka ia berhak berada di kelas dengan level yang lebih tinggi.

Para peserta kelas kesembilan akan mempelajari level-level mustaqilli secara berurutan dari mulai level dasar dua, mustaqilli satu, mustaqilli dua hingga level mustaqilli tiga. Mereka akan mempelajari bahasa Arab dengan memperbanyak praktek dibandingkan dengan teori. Komposisi modul bahasa Arab Mustaqilli terdiri dari dua puluh persen teori dan delapan puluh persen praktek. Dimulai dari praktek kalimat inti dan dasar hingga praktek membaca kitab baik kitab ilmu agama maupun umum.

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: