phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31

Pada hari Selasa  (10/9) team Mustaqilli Jogja resmi membuka kelas ke delapan belas. Kelas kedelapan belas ini merupakan lanjutan kelas baru pada pembukaan sebelumnya, kelas ini diadakan dua kali tiap minggu yaitu pada hari selasa dan kamis sore.

Setelah melewati perkenalan peserta, para peserta dinilai bisa langsung masuk ke level selanjutnya yaitu level dasar mustaqilli dua, rata-rata peserta sudah bisa membaca bahasa Arab khususnya al-Qur’an, sehingga mereka dirasa sudah siap masuk ke  dasar dua.

Para peserta selanjutnya akan menempuh level dasar dua, Mustaqilli 1 dan 1 kemudian melanjutkan ke Mustaqilli 3. Setelah melewati semua level tersebut sudah teruji akan membuat peserta tidak hanya mampu membaca  kitab dan paham bahkan bisa menerjemah dan mengarang.

Yang unik dari peserta kelas kedelapan belas ini adalah ada peserta yang berprofesi sebagai dosen di salah satu kampus di Yogya, ada peserta juga yang berdomisi di Klaten, ia harus pulang dan pergi dari Klaten dua kali seminggu, itu merupakan hal yang sangat istimewa mengingat usia beliau juga yang sudah tidak lagi muda. Namun semua itu tidak menyurutkan langkahnya untuk belajar.

Ada peserta juga yang sedang belajar di Program doktoral di salah satu universitas negri di Jogja, ia juga sudah melahirkan banyak karya tulis, namun semua itu dirasa masih kurang ketika belum menguasai bahasa Arab, “Saya masih merasa kurang sempurna dengan beberapa karya yang dihasilkan bila tanpa menguasai bahasa Arab.” Adapula peserta yang baru lulus sekolah tingkat atas lalu ia belajar bahasa Arab untuk melanjutkan belajarnya di pesantren Darussalam Gontor.

Total peserta kelas kedelan belas ini berjumlah delapan orang, mereka semua sudah mengikuti prosesi pembukaan, mereka sudah mengenal perjalanan mustaqiilli dari awal hingga saat ini, mengenal level-level mustaqilli serta pada proses terakhir mereka dikenalkan dengan keistimewaan serta keindahan bahasa Arab.

Mustaqilli merupakan tempat belajar bahasa Arab di Jogja yang sudah meluluskan puluhan peserta, mereka terdiri dari latar belakang yang bermacam-macam yang membutuhkan bahasa Arab.  banyak yang membutuhkan karena alasan pekerjaan namun yang tak kalah banyak adalah mereka yang belajar bahasa Arab karena dorongan Agama. Semoga Allah memudahkan langkah mereka untuk menguasai bahasa Arab dengan mudah.

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: