phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31

Pada hari Kamis (1/8/19), Team Mustaqilli Jogja resmi membuka kelas baru. Kelas baru ini merupakan kelas ketujuh belas yang dibuka oleh Mustaqilli Jogja sebagai lembaga kursus bahasa Arab di Jogja. Kelas ini diadakan pada hari Selasa dan kamis sore pada tiap minggunya yang dimulai pada pukul 16.00 hingga pukul 18.00.

Setelah melalui tahap perkenalan para peserta serta pengenalan level-level Mustaqilli, para peserta dianggap sudah lancar membaca al-Qur’an dan sudah bisa menulis sedikit tulisan Arab, sehingga mereka sudah bisa langsung masuk ke level dua yaitu dasar dua Mustaqilli. Namun para peserta lebih memilih ingin mengulang dari dasar satu dahulu. “Ya, biar kita masuk dari dasar satu dulu, biar kita ngulang-ngulang lagi, biar lebih lancar dalam membaca dan menulis.” Begitu kata salah satu peserta.

Oleh karena itu kelas Ini akan belajar level dasar selama empat bulan, satu bulan untuk mengulang-ulang dasar satu, sementara tiga bulan setelahnya adalah waktu normal dasar dua mustaqilli.

Kelas ketujuh belas ini merupakan kelas yang mengagumkan, karena jarak tempat tinggal para peserta berada jauh dari kantor. Ada peserta yang tinggal di jalan Magalang KM 15, ada peserta yang tinggal di jalan Wates KM 10, ada peserta yang tinggal di Jalan Bantul KM 17, bahkan ada peserta yang terkadang harus berangkat dari Semarang.  Dengan jarak yang sangat jauh tersebut namun mereka sanggup berangkat menuju kantor Mustaqilli yang berada di Pogung Baru hanya untuk belajar Bahasa Arab. Sungguh sesuatu yang sulit dibayangkan. Hal ini hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang semangatnya murni dan jujur.

Salah satu peserta ada yang berprofesi sebagai guide turis, saat memutuskan untuk belajar bahasa Arab ia sudah bisa menguasai tiga bahasa asing yaitu, bahasa Rusia, bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Ia mempelajari bahasa Arab karena prospeknya yang cerah dalam dunia pariwisata, “Nanti akan banyak tamu dari negara timur tengah, terlebih setelah ada bandara baru di Jogja ini, dan peluang ini belum banyak yang ambil.” Begitu jawabnya ketika ditanya alasan belajar bahasa Arab.

Kelas Mustaqilli tujuh belas ini diikuti oleh delapan peserta baru, mereka berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ada peserta yang berlatar belakang sebagai santri, ia belajar bahasa Arab karena ingin melengkapi praktek materi-materi yang ia pelajari di pesantren. serta beberapa peserta dari latar belakang yang berbeda. Alasan mereka belajar bahasa Arab juga beragam.

Mustaqilli Jogja merupakan tempat belajar bahasa terbaik di Jogja.  Metodenya sudah mendapatkan penghargaan baik nasional dan internasional. Diantara keunggulan metode Mustaqilli adalah sudah dipresentasikan di depan negara-negara anggota OKI. Saat ini pengajar Mustaqilli Jogja berjumlah tujuh yang hampir semuanya adalah alumni dari kampus-kampus ternama di timur tengah.

 

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: