phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31
Ponpes Aswaja Nusantara Mengadakan Kelas Kafilah Mustaqilli

Pada hari Rabu (10/7/19) Mustaqilli Jogja resmi membuka kelas kafilah di pesantren Aswaja Nusantara. Kelas kafilah ini juga merupakan kelas intensif yang akan belajar penuh selama sebulan. Pada masa sebulan penuh ini para peserta akan menyelesaikan satu buku level Mustaqilli satu. Bila dalam kelas reguler para peserta hanya belajar delapan hari dengan total enam belas jam dalam sebulan, maka pada kelas kafilah intensif ini mereka akan belajar selama dua puluh dua hari dengan total seratus dua puluh dua jam sebulan. Dengan durasi pertemuan perharinya adalah dua puluh empat jam. Kelas kafilah ini merupakan salah satu program pilihan kelas Mustaqilli Jogja.

Kelas ini diikuti oleh kurang lebih sepuluh santri pesantren. Mereka sangat antusias untuk mengikuti kelas ini karena ingin sekali menguasi bahasa Arab dengan cepat dan tepat.  Kalaupun mereka harus merelakan sisa libur mereka selama sebulan, namun mereka tetap semangat berangkat ke Jogja lebih awal. “Kami sangat ingin cepat sekali belajar bahasa Arab, sebenarnya di pesantren juga mepelajari ilmu alat namun sebatas teori sangat minim praktek, sehingga sangat butuh terobosan baru dalam belajar bahasa seperti metode Mustaqilli ini.” Begitu kata Mahbub ketua panitia kegiatan ini ketika ditanya tentang pelaksanaan kelas kafilah ini.  Menurutnya, banyak teman-temannya juga yang sebenarnya ingin ikut namun terkendala dengan adanya kegiatan semester akhir.

Penyelenggaraan kelas kafilah ini bermula dari gagasan pengasuh pesantren sendiri. Ia ingin metode Mustaqilli yang menurutnya bagus ini dipelajari secara intensif dan fokus sehingga diharapkan hasilnya lebih maksimal. “Saya dulu awal tahu Mustaqilli dari saudara, katanya pokoknya Mustaqilli itu sangat bagus, lalu setelah saya di Jogja saya cari-cari, lama ga nemu, tapi ya alhamdulillah akhirnya dikasih jalan untuk ketemu.” Begitu kata gus Tafidz pengasuh Pesantren Aswaja Nusantara ketika menceritakan awal perkenalannya dengan Mustaqilli. Beliau sebenarnya ingin sekali cepat mengadakan kelas kafilah secara intensif ini namun selalu terkendala waktu, ia menunggu waktu yang tepat seperti liburan panjang kuliah.

Persiapan kelas ini juga sebenarnya sudah dilakukan lama, sebelum liburan panjang lebaran yang dilanjutkan dengan liburan kampus telah dilakukan banyak rapat. Team Mustaqilli Jogja dengan pengasuh sering mengadakan rapat persiapan di Pesantren untuk menentukan format kegiatan yang tepat. Kalaupun persiapan kegiatan ini cukup melelahkan namun hasilnya pelaksanaan kegiatan ini dirasa cukup lancar.

Kelas kafilah ini dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 10 Juli sampai 5 Agustus 2019. Setelah kelas kafilah ini diharapkan para peserta  dapat lancar membaca buku-buku bahasa Arab yang selama ini dipelajari di pesantren, mereka juga dapat memperkaya khazanah keilmuan dengan mempelajari buku-buku berbahasa Arab yang berkaitan dengan bidang jurusan yang mereka pelajari di kuliah.

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: