phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31
Mahasiswi Uin Surakarta Melakukan Penelitian di Mustaqilli Jogja

Mahasiswi IAIN Surakarta Annisa pada Ahad (16/3/2019) melakukan penelitian tugas Akhir di Mustaqilli Jogja.  Penelitian tersebut dilakukan dalam rangka untuk menyelesaikan ujian akhir skripsi pada jurusan Pendidikan bahasa Arab kampus tersebut. Pada penelitiannya ia ingin sekali mengetahui  tentang detil pembelajaran bahasa Arab yang ada di Mustaqilli Jogja.

“Mustaqilli merupakan metode belajar bahasa Arab yang menyeluruh serta terkenal baik di masyarakat luas. Reviewnya di luar sangat menjanjikan, banyak menarik minat khalayak umum untuk berani belajar bahasa Arab.” Begitu  alasannya kenapa melakukan penelitian di Mustaqilli Jogja.

Proses penelitiannya tersebut ia lakukan dalam bebeberapa tahap, ia datang pertama kali hanya mengajukan beberapa pertanyaan yang akan ia buat proposal penelitian. Setelah disetujui, ia akan datang lagi untuk penelitian sesungguhnya. Pada kedatangannya yang pertama kali ia ditemui oleh beberapa team dari Mustaqilli Jogja. Ketika itu ia menanyakan tentang sejarah Mustaqilli secara umum serta keunggulan metode Mustaqilli dibandingkan dengan metode-metode bahasa Arab yang sudah ada di Indonesia baik yang terbitan luar atau dalam negri sendiri. Proses penelitian pertama ini menghabiskan waktu sekitar dua jam.

Setelah wawancara, Annisa juga menyempatkan diri mengamati buku-buku diktat yang dipelajari di Mustaqilli Jogja. Buku itu terdiri dari Arabic For Kids yang berjumlah enam jilid, dasar Mustaqilli satu, dasar Mustaqilli dua, Mustaqilli satu, Mustaqilli dua, Audhohul Manahij satu, Audhohul Manaij dua serta beberapa buku suplemen lainnya karya penemu Ust. Agus Shohib Khoiron.

Pada kedatangan kedua kalinya Annisa sudah siap dengan beberapa pertanyaan penelitan, proposalnya dinyatakan lolos oleh dosen pembimbingnya karena menurutnya Mustaqilli Jogja merupakan lembaga yang bagus yang layak dijadikan solusi dalam masalah belajar bahasa Arab. Annisa ketika itu datang dengan membawa temannya yang baru yang juga ingin meneliti bahasa Arab di Mustaqilli Jogja dalam sisi yang lain.

Annisa mulai mengajukan pertanyaan yang sudah ia kumpulkan kepada beberapa team Mustaqilli Jogja. Ia menanyakan perihal ditujukannya metode belajar bahasa Arab Mustaqilli, proses penempatan kelas, serta yang paling utama adalah mengatasi kesulitan-kesulitan belajar bahasa Arab yang meliputi segala bidangnya, dimulai dari membaca, menulis bahkan menerjemah dan mengarang. Semua kemampuan tersebut sangat susah dipelajari dalam lembaga-lembaga pendidikan yang formal namun kenapa ketika dipejari di Mustaqilli terasa sangat mudah.

Annisa berharap dengan penelitiannya semakin banyak orang yang mengenal serta tertarik belajar Bahasa Arab di Mustaqilli, sebagai mahasiswi pendidikan bahasa Arab ia mengakui memang metode Mustaqilli adalah metode yang baik dan tepat bagi orang pesantren atau non pesantren yang ingin bisa bahasa Arab secara mendalam namun cepat.

 

 

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: