phone : (+62) 857-424-554-10 | (+62) 851-024-193-31

Kenapa bahasa Arab, pertanyaan yang sederhana dan butuh jawaban yang sederhana pula, namun jawaban tersebut bisa juga dijelaskan secara panjang lebar. Banyak hal dan point yang bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan ini. Jawaban sederhana dari pertanyaan ini adalah dari sabda dari Rasul Saw SAW:

“Ahibbu Arob li tsalatsin, lianni arobiyyun, wal qur’anu arobiyyun, wa kalamu ahlil jannati arobiyyun.”

“Cintailah bahasa Arab karena tiga hal, karena saya adalah orang Arab, al-Qur’an adalah bahasa Arab dan ucapan penduduk surga adalah bahasa Arab”

Hadits ini kalaupun sanadnya lemah, namun diriwayatkan dari banyak jalur sehingga derajatnya naik menjadi hasan lighoirihi.  Hadits ini mengandung kesunahan untuk belajar bahasa Arab sebab tiga hal karena Rosul Saw adalah orang Arab, Qur’an adalah bahasa Arab, dan ucapan penduduk surga adalah bahasa Arab.  Kita sebagai seorang muslim, mungkin tidak akan bertanya banyak dengan anjuran rasul Saw dalam hadits tersebut, beliau yang bersabda bukan karena hawa nafsu melainkan dari wahyu Allah Swt. Oleh karenanya belajar bahasa Arab mempunyai hukum kesunahan tersendiri karena  ada anjurannya tersendiri. Atau lebih tepat hukumnya adalah fardhu kifayah karena berkaitan dengan maslahat umat Islam.

 

Ada juga beberapa hal yang bisa menjadi jawabann dari pertanyaan tersebut, seperti jawaban riwayat dari para salaf, baik para sahabat maupun ulama setelahnya, seperti halnya perkataan sahabat umar berikut ini:

“Belajarlah bahasa Arab karena itu bagian dari agama kalian, belajarlah pula ilmu faroidh karena itu juga bagian dari Agama kalian”

Begitu juga imam Syafi’I pernah berkata, “Barang siapa yang amat mahir dalam tata bahasa Arab maka ia akan mudah memahami setiap ilmu pengetahuan”

Juga perkataan ulama lain, ada tiga yang menjadi ciri khas dari agama Islam ini yaitu, Ilmu Nasab (garis keturunan), Ilmu Sanad (mata rantai keilmuan) dan Ilmu I’rob (tata bahasa Arab).

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: